Selasa, 18 September 2007

Melatih Kesabaran via Mancing !

JAKARTA – Setiap hari Sunardi tiba di kantor yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, pukul 8.30 pagi dan paling cepat pulang pukul 19.30. Meski pulang larut, bukan menjadi persoalan baginya karena rumahnya berada di Kelapa Gading. Dia menjadi antusias saat SH menanyakan hobinya. “Saya hobinya mancing di laut,” katanya sambil tertawa.
Ia biasanya memancing di teluk Jakarta menggunakan kapal sewaan. Terkadang juga sampai ke Anyer, Malimping dan Binuangeun di Jawa Barat. Dua lokasi yang disebutkan terakhir menjadi tempat favorit Sunardi, karena bisa mendapatkan ikan berukuran besar.
Memancing ikan besar, risikonya seharian bisa tidak dapat satu ekorpun.
Di dalam koleksi ikan yang ia dapatkan memang belum pernah mendapat ikan blue marlin, tetapi ia pernah mendapatkan ikan tenggiri dan ikan wahoo (sejenis tenggiri) seberat 12 kg, bahkan ikan kue’ yang pernah terpancing ada yang seberat 15 kg. Memancing blue marlin membutuhkan persiapan yang matang dan kesiapan mental, juga faktor nasib. Ikan ini suka bermigrasi dan tidak berada di satu tempat. Jika saat sebelum memancing, diketahui posisi migrasinya, maka kemungkinan akan mendapat ikan itu.
Bersama teman-temannya, Sunardi bisa menghabiskan waktu seharian berada di laut. Meski demikian, terkadang istri dan anak juga diajak serta. Saat memancing di laut Sunardi bisa merasakan ketenangan dan melatih kesabaran. Dua sikap tersebut menurutnya sangat penting dimiliki terutama bagi yang menggeluti bisnis properti dan konstruksi.
Seperti pengurusan ijin, tidak bisa langsung menemui pejabat. Oleh karenanya kita mesti bersabar. Kadang-kadang sudah dibuatkan janji, pejabat tersebut dipanggil atasannya, maka terpaksa menunggu. Tak heran koleksi alat pancing yang dimilikinya sangat banyak. “Saya punya alat pancing satu lemari,” kata pria kelahiran Balaraja (Tangerang) itu.
Hobi mancing biasanya juga hobi makan ikan. Untuk yang satu ini, berlaku juga untuk dirinya. Anehnya, istrinya yang juga hobi mancing justru tidak suka makan ikan.
Selain memancing, Sunardi juga bermain musik untuk lagu-lagu rohani. Alat musik yang dikuasainya, gitar. Ia pun pernah bermain film bersama Bambang Irawan dalam film Mawar dan Pujangga sebagai pemain musik.

Tidak ada komentar: