Selasa, 18 September 2007

Memancing di Laut, Keren!

Ya, memancing bukan sekedar keberuntungan tapi juga keahlian. Memancing juga bukan memanjakan rasa malas, tapi adalah bentuk rileksasi, sport dan hobi, sekaligus juga gaya hidup kaum urban. Bayangkan, jika Anda berada di lautan lepas... di tengah birunya langit dan laut, kemudian sesuatu menyentak joran Anda! Rasanya, seperti menang tender Rp 1 milyar. Apalagi jika ikan yang didapat dari jenis spesial seperti marlin... fuih! Anda bak orang terkaya di dunia.

Nah, sebelum Anda sampai di tahap itu. Barangkali ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa dasar teknik memancing. Yaitu:

Bottom fishing. Disebut juga jebluk atau mancing dasar, yaitu memancing di atas perahu yang dijangkar di lokasi tertentu seperti gugusan karang atau tubiran. Menggunakan pemberat timah agar umpan tenggelam hingga dasar laut. Umpan yang biasanya digunakan adalah ikan hidup, irisan daging ikan, udang dan cacing laut.

Jerking. Atau ngotrek, hampir sama dengan bottom fishing hanya berbeda dari jenis umpannya saja. Umpan yang digunakan adalah umpan tiruan berbentuk udang, cacing atau ikan kecil. Caranya, lemparkan umpan dengan pemberat hingga ke dasar laut, lalu gulung kenur sambil menggerakan joran sehingga umpan seolah bergerak.
Kite fishing. Memancing dari perahu dengan menggunakan layang-layang untuk menjauhkan umpan hingga jarak tertentu, sekaligus menjaga agar umpan tetap berada di permukaan air. Teknik ini digunakan untuk menangkap ikan permukaan.

Drifting. Pancing hanyut, berarti Anda menghanyutkan umpan atau perahu. Biasanya dilakukan untuk menemukan gugusan karang yang dihuni banyak ikan. Tandanya, umpan Anda segera disambar ikan! Setelah itu jangkar akan segera diturunkan.

Trolling. Umpan dilempar di belakang perahu yang bergerak maju pada kecepatan tertentu. Umpan yang dipilih adalah umpan hidup atau umpan tiruan. Yang menjadi target adalah ikan-ikan berukuran besar.

Kalau Anda sudah tahu tekniknya, jangan dulu melaut! Cari tahu jenis joran atau segala jenis properti yang akan Anda butuhkan. Belajarlah pada yang lebih berpengalaman. Kami jamin, Anda akan menemukan sensasi dan kenikmatan baru.

Tidak ada komentar: